FeedBurner akan di non aktifkan pada Bulan Juli 2021

Bagi sobat yang menggunakan FeedBurner, tentunya pada dashboard sobat ada pemberitahuan, bahwa Widget Ikuti Lewat Email (FeedBurner) akan dinonaktifkan

Kalau saya salin ulang kata-kata plus link yang diberikan seperti ini

Widget Ikuti Lewat Email (FeedBurner) akan dinonaktifkan
Anda menerima informasi ini karena blog Anda menggunakan widget Ikuti Lewat Email (FeedBurner).
Baru-baru ini, tim FeedBurner merilis pengumuman update sistem, yang menyatakan layanan langganan email akan dihentikan pada Juli 2021.
Setelah Juli 2021, feed akan tetap berfungsi, tetapi email otomatis ke pelanggan Anda tidak akan didukung lagi. Jika ingin terus mengirim email, download kontak pelanggan Anda. Pelajari caranya

Tentang FeedBurner

FeedBurner merupakan layanan manajemen umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster, dan aplikasi publikasi lain yang berbasis web. Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih (wikipedia).

Bagi pemilik web tentunya akan sangat berguna, karena akan meberitahukan update web/blog kepada subscriber menggunakan email. Sudah 14 tahun berjalan, akhirnya pada Juli 2021 akan dihentikan.

Apa yang harus dilakukan?

Setelah membaca dari Google Serch Central Blog, penghentian ini dikarenakan akan adanya sistem yang lebih modern, tapi konsekwensinya harus mematikan sitem yang sedang berjalan.

Bagi sobat pengguna FeedBurner, yang harus dilakukan adalah mendownload file CSV Subscriber yang ada di Feedburner. Hal ini tidak usah terburu-buru, walaupun FeedBurner ditutup pada Juli 2021 mendatang, sobat tetap bisa mendownload / export CSV subscriber.

Cara Export CSV Subsriber di FeedBurner

1. Kunjungi https://www.feedburner.com/
2. Kalau ada beberapa blog, klik salahsatunya

3. Klik pada See more about your subscribers

3. Kemudian Klik pada FeedBurner Email Subscriptions

3. Kemudian Klik pada Manage Youe Email Subscriber List

3. Kemudian Klik pada Export CSV

File Subscriber telah terdownload dengan format CSV

Apa yang dilakukan setelah Download CSV FeedBurner?

File CSV adalah backup dari Email Subscriber, yang nantinya bis di submit pada layanan serupa. Menurut hemat saya ada 2 (dua) hal yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Migrasi kelayanan lainnya seperti MailChimp, AWeber dll, atau;
2. Menunggu pergantian layanan FeedBurner dari fihak Google

Tentunya keputusan ada di tangan sobat, apakah mau migrasi atau menunggu layanan pengganti sesuai yang di janjikan fihak Google...