Kunjungi Blog terbaru saya corkismet - Coretan Kang Ismet - dan tinggalkan jejak sobat disana.

Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Banyak Komentar

Cara termudah mendapatkan banyak visitor dan membuat blog ramai dengan komentar.
Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Banyak Komentar - Satu hal yang wajar ketika kita membuat blog, pasti blog tersebut ingin ramai dikunjungi banyak pengunjung, selain itu juga menginginkan banyak komentar yang masuk pada tiap postingan. Toh buat apa kita membuat blog kalau sepi pengunjung. Adapun komentar tidak menjadi patokan peringkat sebuah blog, akan tetapi menunjukan bahwa dengan banyaknya komentar setidaknya blog tersebut memang mempunyai pengunjung.

Sudah banyak penjelasan tentang cara membuat blog agar ramai pengunjung dan banyak komentar didalamnya. Akan tetapi, ada yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi blog Odhzar Jhadeya, disampaikan dengan cerita fiksi, yang berupa konsultasi pemula dengan seseorang yang sudah malang melintang di dunia Blogging. Cerita ini akan saya suguhkan kembali buat sahabat blogger, dalam versi saya dan sedikit diberi tambahan.

Alkisah, ada seseorang yang baru membuat blog dan memang ia pemula di dunia blogging, sebut saja namanya "A". Dengan penuh semangat si "A" membuat postingan demi postingan. Waktu pun terus berjalan, 1-2 bulan blog si "A" masih sepi pengunjung dan hanya 1-2 komentar pada postingannya.

Si "A" pun menemukan seseorang untuk dijadikan tempat konsultasi, sebut saja namanya "B", akhirnya dimulailah percakapan antara "A" dan "B" walaupun hanya melalui sebuah email.

A : Saya sudah membuat blog dan banyak postingan, tapi kenapa masih sedikit pengunjung dan hanya 1-2 komentar saja? minta kritik dan sarannya dong
B : Saya sudah mengunjungi blog Anda, saya rasa pengunjung akan malas mengunjungi blog anda karena loadingnya terlalu berat. Coba hapus widget yang tidak diperlukan.


Si "A" pun kemudian membenahi blognya, dia buang widget-widget yang memberatkan dan tidak berguna. Sekarang blognya sudah jauh lebih cepat bahkan terasa ringan. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tapi tampilan blog anda tidak menarik. Teks yang sulit dibaca dan warna yang menusuk mata.


Si "A" mencoba membenahi blognya, memang ia sadar warnanya terlalu tajam, teks kecil, backroud dan teks yang sedikit samar. Ia benahi semua itu. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tampilan sudah bagus,tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tampilan menarik, tapi content blog Anda tidak berkualitas. Saya lihat banyak artikel copas, bahasa yang ga jelas, dll.

Dengan usaha yang keras, akhirnya si "A" berhasil membuat artikel yang fresh, penataan bahasa yang bagus, sederhana dan mudah difahami. Lambat laun pengunjung blogpun meningkat. Dan ternyata masih ada saja keluhan tentang komentar. Sepi dari komentar.

A : Sekarang sudah mulai banyak pengunjung, tapi kenapa masih sepi komentar?
B : Artikel yang Anda buat memungkinkan munculnya pertanyaan. Tapi saya malas berkomentar, mungkin yang lain juga karena Anda menggunakan komentar Facebook. Menurut saya, lebih bermanfaat tombol Like atau share ke facebook.


Oooh.. ternyata si "A" baru sadar, tidak semua blogger menyukai facebook, atau sempet suka tapi bosan dengan Facebook.

A : Saya sudah ganti ke komentar standard, masih sepi juga
B : Verifikasi captcha yang menyebabkan orang-orang malas berkomentar


Si "A" menghilangkan verifikasi captcha, dan kembali menghubungi si "B"

A : Captcha sudah saya hilangkan, jadi ga ada alasan lagi kayaknya nih
B : Saya coba membuat komentar di blog Anda. Semangat saya membuatnya, tetapi kata-kata "Komentar Anda akan muncul setelah dimoderasi", itu yang membuat saya malas untuk berkomentar lagi.

Wah.. masih ada aja ya... ia hilangkan captcha dan ia berfikir ayo apalagi, semuanya sudah beres. Si "A" kembali menghubungi si "B"

A : Ringan, tampilan bagus, conten original, komentar standar, tanpa captcha dan moderasi... Apa yang Anda sarankan saya telah laksanakan. Tapi tetep sepi komentar...
B : Saya lihat anda tidak pernah membalas komentar, saya malas memberikan komentar di blog Anda.


Komentar demi komentar di pelajari dan dibalas sebaik mungkin, tapi belum maksimal.. pengunjung belum sesuai harapan, begitupun dengan komentar...

A : Saya sudah berusaha ramah dan memberikan jawaban atas pertanyaan sahabat, apa lagi yang kurang?
B : Anda tidak pernah menulis komentar di blog saya, bagaimana mau berkomentar di blog Anda?bagaimana blog Anda mau dikenal luas di kalangan blogger, kalau tidak pernah mengunjungi mereka?


Sahabat, semoga gambaran di atas menjadi sebuah pelajaran bagi kita. Saya pribadi masih belum bisa melaksanakan semua hal di atas. Mungkin sahabat juga begitu. Terbentur dengan pekerjaan atau kesibukan lainnya.

Blog yang ringan, tampilan menarik, content yang berbobot, dan pertimbangan memasang captcha dan moderasi.. itu dapat menarik pengunjung ke blog kita. Captcha dan moderasi memang di perlukan untuk mengatasi spam. Tapi menurut hemat saya, blogger lebih aman dari spammer kalau di banding WP.

Blog saya tanpa Captcha dan Moderasi. Coba bandingkan, lebih enak di blog saya berkomentar atau di blog yang pasang captcha dan moderasi?

Selain itu, hal yang sangat penting tentunya, kita harus rajin blogwalking dan ramah terhadap pengunjung blog dengan menjawab komentar2 blogger.

Semoga bermanfaat...

Untuk mendapatkan update terbaru di Dasbor Blogger, silahkan ikuti Blog ini

459 komentar

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
  1. Makasih sharingnya, kang.
    Btw, cara ngukur ringan atau beratnya loading sebuah blog itu kumaha caranya, kang?
    Aapa ada toolnya, gitu?
    1. Banyak tool onlinenya sob, tanpa tool juga sebenernya sudah bisa dirasakan, dengan standar kecepatan modem kita. Coba bandingkan Direktori Weblog dan Template Magazine... pasti udah terasa :)
  2. Wah mantap,, saranya.. tapi komentar saya jrg di bls sm kang ismet nih tp knp saya pengen aja berkomentar di blog kang ismet. knp itu kang?
    ada masukan algi?
    1. Maaf sob.. kadang2 komentarnya sudah ketumpuk, jadi ga ketauan.. :)
      hayoh kenapa coba? :)
  3. website ringan itu emang penting banget deh :D , seperti punyaku bang wkwkwkwk
    1. iya deh.. setujuuuuuuu :)
  4. pas pada bagian percakapan ke empat itu saya kurang fahim,

    A : Sekarang sudah mulai banyak pengunjung, tapi kenapa masih sepi komentar?
    B : Artikel yang Anda buat memungkinkan munculnya pertanyaan. Tapi saya malas berkomentar, mungkin yang lain juga karena Anda menggunakan komentar Facebook. Menurut saya, lebih bermanfaat tombol Like atau share ke facebook.

    nah yang ini . . .
    1. maksudnya, kadang2 seseorang sudah bersemangat membaca artikel dan bermaksud memberikan komentar. ternyata... komentarnya menggunakan facebook...

      komentar facebook biasanya searah, pemilik blog sangat jarang berkomentar, dan menunggu asusmsi pembaca, link dihasilkan pun tidak mengarah ke blog komentator
  5. Tips yang benar^ sangat menraik dan berguna sekali sobat, saya sangat setuju
    terima kasih sudah berbagi
    1. sama2 sob.. semoga bisa mengaplikasikannya
  6. mantap infonya kang
    1. thanks.. semoga bermanfaat
  7. makasih infonya kang
    bakal aku terapin tuh "rajin blogwalking dan ramah"
    1. sama2 sob... saya juga belum bisa nerapin semua, termasuk membalas semua komentar
  8. Sebuah info yang sangat penting untuk di praktekkan bang..
    terima kasih atas sharenya..
    1. Sama2.. semoga bermanfaat :)
  9. hahahha..biasa saya d perlakukan kyk gitu bang..tapi itu dulu

    komen balik yee :D
    1. heheh.. jadi ga aneh ya :) sip sob
  10. Tutorialx mantab mas..
  11. wah saran yang sangat patut ditiru, makasih kang sarannya.....!!!

    oia kang sesuai dg perkataan saya kemarin, kalo saya pingin edit template,dan tidak tahu caranya, apakah saya boleh bertanya sama kang ismet??

    nah sekarang itu yg terjadi dg saya sekarang kang,saya pingin edit templaate saya, supaya tampilan hompage nya berubah dg tampilan label, atau postingnya. sebagai contoh, saya pingin seperti blog nya http://www.tipstrikblogging.com
    udah say coba utak atik sendiri, dg bantuan cara dari mbah google, tpi malah hancur Kang :( terpaksa deh saya kembalikan keseperti semula dg tik ada hasilnya kang.
    kalo kang ismet bersedia membantu, saya minta sarannya dari kang ismet, mudah mudahan saran kang ismet bisa lebih baik dari saran mbah Google.. :)
    atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih kang, maaf terlalu panjang ia komennya, heeeee
    1. Kalau saya liat sekilas, tipstrikblogging.com kayaknya menggunakan tag kondisional tag kondisional ini biasanya disimpan di bawah ]]></b:skin>, sebagai contoh :

      Tag yang digunakan, yaitu selain halaman posting dan posting pertama. contoh :

      <style type='text/css'>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
      ISI KODE
      </b:if>
      .post {width:260px}
      </b:if>

      <b:if cond='data:post.isFirstPost'>
      .post {width:600px}
      </b:if>

      </style>

      artinya, apabila selain postingan, maka ukuran post 260px, dan apabila postingan pertama, ukurannya 600px.

      untuk lebih jelas, coba baca:
      http://blog.kangismet.net/2012/10/tag-kondisional-dan-cara-penggunaannya.html
  12. Malam2 gini dapat ilmu baru lg dari akang nih,,, thanks yah kang :)
    1. Sama2 sob.. ga pernah akan berhenti belajar selama kita hidup :)
  13. konten adalah raja
    content is king
    pertanyaannya...
    konten yg bagaimana dulu?
    berbagi konten tepat tujuan, itu harus.

    itu saja mnrt saya mah, lainnya mah paktor pendukung (Ex: blog walking)
    1. Betul kang ben... konten fresh dan tepat sasaran, bukan copas... satuju lah
  14. ma kasih kang sarannya kang.
    1. Sama2 semoga bermanfaat...
  15. Makasih kang buat artikelnya, bermanfaat sekali buat ane sebagai blogger pemula.

    sukses selalu...
    1. sama2 sob... semga bermanfaat... percaya sob, biasanya blogger senior suka merendah :)
  16. makasih kang sarannya setelah mengikuti sedikit pencerahan dari kang ismet saya sedikit mengerti. tpi saya gagal dalam menerapkannya ke template saya kang :( .
    bagaimana ia kang??
    1. Yang Tag Kondisional ya? harus bener difahami sob, awalnya emang agak sulit, tapi kalau udah faham gampang ko
  17. Kalo saya lebih setuju blog walking adalah faktor ramainya blog kang, konten nomer 2, kecuali konten yang lagi banyak dicari, ga usah BW juga pengunjung datang sendiri dengan catatan bisa bersaing dan nangkring di page one pada search engine.
    Pengalaman ada blogger yang hanya posting cuma gambar atau puisi sebait tapi rajin BW, pastideh pada datang tuh pengunjung, bagusan lagi konten berkualitas, silaturrahim tetap dijaga, btw haturnuhun pisan kang
    1. tergantung sudut pandang kali sob ya, kalau kang mur salut... hebat BW nya, saya belum sanggup euy ngikutin
  18. Infonya keren pisan...
    Tadinya cuma ingin baca saja, tapi pas dipahami ingin komen jg, mudah2an di blogku banyak komennya.
    nuhun kang...
    1. hehehe... kenapa coba jadi pengen komen? kemana aja nih zeus baru muncul :)
  19. nice info gan
    ijin share dan kunjungi blog saya

    http://bagi-bagi0ilmu.blogspot.com
    1. silahkan sob... manatap blognya... happy blogging aja sob
  20. hohoy triknya mantap coy, praktek ah :)
    1. silahkan coy :) minta dong bolpennya hehehe
  21. ayo rek maen ke siteku dijamin cepat dan bagus deh :)

    klo cari susu kambing organik maen ke websiteku aja ya :)
    1. sukses mba jual susu kambinya ya...
  22. jadi gitu ya om. harus sering-sering blogwalking sama harus benahin yang peraturan post dan komentar. sangat bermanfaat om artikelnya terima kasih.
  23. oh nice info,kebetulan blog saya masih acak-acakan *^▁^*
  24. Kang Boleh share template blog kangismet ini gak, saya suka banget desaignnya, akang downloadnya dimana ya? apa akang buat sendiri atau akan download terus akan modifikasi?
  25. saya sering main ke blognya ini kang Ismet, berkomentar juga, tp saya lihat kok gak ada visitor dari blog ini ya? terutama adminya heheee
  26. widget yang disamping itu gambar muka kang ismet...?
  27. Keren Kang.. Salam blogger.
    Ditunggu kunjungannya kang. :)
    Sekaligus minta saran dan kritiknya :)
    http://robbifinanblog.blogspot.com/
  28. wah artikel ny mnarik bnget sob. smagat truz gan, (∩_∩)
  29. bagus sob ini artikelna.. buat intropeksi blog lagi..
  30. thank u banget buat infonya..
    sedang coba diterapkan..hehe
  31. Tipsnya bagus sekali Kang Ismet, dan ane juga mau terapkan di blog ane ”Konsultansi MYOB Gratis” Terima kasih atas tutorialnya..
  32. mantap uy..
    makasih infonya
  33. wkwwk bner ane stuju mas :D
  34. Sepp infonya, semoga Saya juga bisa mengaplikasikan ke blog Saya. :)
  35. jadi gtu ya kang,,sya akan coba kang..
  36. mantap artikelnya gan, jadi seperti tanya jawab deh...segera dipraktekkan...
  37. begitu ya jadi gak perlu pake verifikasi dan moderasi ya...trims tipsnya gan...
  38. terimakasih atas info nya bro postingan yg bagus
    search by google :: naufalthedarkness ::
  39. heee, betul gan...trimakasih....

    pasti masih ada masalah lagi tu,hee
  40. thnks gan atas masukan nya ya,,,slm persahabatan selalu dari saya.
  41. mantep gan,, sangat membantu buat saya
  42. siap di terapkan gan. vivit ya http://www.informasilengkap.tk/
  43. Wah sangat menginspirasi, Mas. Saat ini saya mirip banget Si "A", sangat pemula, jadi mohon bimbingannya. :)

    Btw, semoga berkah umrohnya. Aamiin :)
    1. oke,, emang bener kayakna pengaturan komentar perlu dibenahi nie punyaku,, kunjungi juga ya blogku,,jangan lupa komentarnya www.andreastrikuncoro.blogspot.com
  44. asik
  45. mas, pengunjung saya dri berbagai negara tpi koq sepi komentar, padahl udh saya terapin cara di atas............
    mhon bntuannya
  46. bisa juga dicoba..aku juga pemula...thanks bro infonya,,,sukses selalu
  47. sebelumnya aku pakai verifikasi dalam kotak komentarku, tapi setelah membaca artikel ini, langsung aku cabut, terima kasih tipsnya gan...
  48. heheh manteb kang percakapan A dan B bisa di jadikan koreksi ... :D
    trims sharenya kang ^_^
  49. Aku blogger pemula, jadi perlu belajar dari tulisan abang.
    Semoga selalu menginspirasi.
  50. makasih bang share nya , blog ini banyak memberikan saya inspirasi baru dalam dunia blogging :)
  51. admin
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  52. hmmm,, repot juga ya mas agar blog kita banyak yang ngasi komentar..
    tapi tetap harus dicoba. :)
  53. oh, jadi begitu toh..
    tak coba dulu nih..
  54. bener2 kreatif kang, makasih saran2nya,,,mudah2an bisa sya laksanakan.
    baru ganti domain nih kang...:-)
  55. oya kang, kalo berkenan, sya mau tuker link, link akang sudh sya pasang...siakan dicek, mksih :-)
  56. wah keren sob sharingnya.. izin praktek pada blog saya, mudah2an bisa nambah visitornya.. anyway, thanks ya :)
  57. Keren kang tulisan pembelajarannya, walaupun idenya dari copas tapi kang Ismet mampu mengolahnya menjadi tulisan yang berbeda. Blogger sejati!
  58. oo gt caranya. makasi ya infonya. Salam kenal ya. Kunjungi jg blog aku ya.
  59. thnks atas masukan nya ya gan,,,salam persahabatan selalu.
  60. Thank's Kang Ismet, saya mencoba belajar lagi lewat Blog Kang Ismet. Dan thank's Templatenya.
  61. Postingannya cukup bermanfaat dan bisa menjadi panutan bagi saya pribadi yang baru dalam dunia blog, makasih ka2k.. ^_^
  62. wah setuju semua apa yang di katakan akang. Semua sudah saya coba laksanakan dengan sebaik-baiknya. Hasilnya luar biasa, walau posting belum banyak tapi pengunjung tetap ada.
  63. I LOVE YOUR COOL BLOG, thanks ya. Ini membantu banget saya suka blog anda

    WAJIB DI BOOKMARK give star
    kunjungi balik dan follow balik ya


    JOS998.blogspot.com
  64. Blogwalking masih jadi kekuatan terjitu :D
  65. makasih yah kang bermanfaat banget nih tipsnya
  66. makasih gan,, sangat bermamfaat
  67. Cek
  68. Kunjungan balik kang
    Salam Sejahtera Buat blogger semua
    Sekedar tambahan informasi sekaligus
    mempromosikan blog
  69. makasih mas,,nambah ilmu jadinya
  70. info yang bagus kang . . . jangan lupa kunjungan balik
    http://www.baturaluminium.com/
  71. Menarik sekali ulasanya , sangat bagus untuk dicoba. Salam sukses dari Renovasi 123
  72. wah info yg menarik ni kang ...
    jngan lupa kunjungi blog ane ya kang
    http//brozblanz-indonesia.blogspot.com
    *maklum blog baru ., hehehe...
  73. mantap.. keren ! sip banget pokoknya. makasih atas infonya.
  74. Makasih kang ismed http://motdh-x.blogspot.com/
  75. Kalau saya sih lebih suka blog yg tampilannya simpel tapi keren gi2...
  76. thanks kang,
  77. wahh sungguh bermanfaan sobb.. n cocok bgt buat blog saia yg masih baru n sepi...? oy jgn lp kumbal baliknya sobb.. n tolong kasih masukan u/ blog saia yg masih sepi...
    http://kedz-a7x.blogspot.com

    trima kasihh
  78. wah makasih kang,, artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula..
    oya,, jangan lupa kunjungi blog saya
    http://www.yadiriqu.blogspot.com/
  79. wah makasih kang,, artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula..
    oya,, jangan lupa kunjungi blog saya
    http://www.yadiriqu.blogspot.com/
  80. betul gann....
    silahkan kunjungi www.adilasoma.blogspot.com

    jangan lihat modelnya lihat artikelnya
  81. Makasih banyak gan....
    http://jejaksangcucu.blogspot.com/
  82. mantab broo caranya http://sekilasmaya.blogspot.com/
  83. makash bro infonya.,maklum pemula jadi masih banyak belajar
    http://curvelinespot.blogspot.com
  84. hahaha
    kok bisa persis ya dengan saya???
    http://ajuliem.blogspot.com
  85. hohoho, bener nih atuh kang. makasih sudah beri masukan
  86. Makasih kang... atas masukannya
    by: www.softwaredidi.blogspot.com
  87. slm knl kang ! blognya sng inspiratif skli buat ane yg msh nubie nih, kang.ane tertarik dg templ, blog iklannya dan sdh ane sedot ni kang.mhn izin operasinya ya kang. Ini blog ane kang ... di http://webiklangratis01.blogspot.com. tlg di review ya kang, ane tggu comments nya dan sarannya dmi kmjuan blog ane ya kang.
    "Maju terus dunia perblogingan kita...!"
  88. wkwkww keren juga..
    jadi kesimpulan utama'anya adalah..blogwalking dan berkomentar di blog -blog lain.. bisa mendapatkan backlink dan balasan komentar ke blog kita..
    mantap kang..
  89. saya pengguna baru blogspot, makasih ya atas ilmunya
  90. ini merupakan pengetahuan + cerita yang sangat penting untuk di ketahui oleh para blogger. thx buat ilmunya.. slm kanl gan..
  91. aku mewakili si C saja yang kang, sekalian belajar komentar dikit dikit.
    Terima kasih ceritanya.
    Salam dan Selamat bermain bersama anak-anak di rumah........
  92. infonya bermanfaat bgt kang.. :)
    saya masih pemula di dunia blog. ini blog saya, www.rezkyprayogi.tk , ditunggu kritik dan sarannya ya kang. :)
    Terima Kasih
  93. terima kasih banyak informasinya kang ismet, sangat bermanfaat dan menambah wawasan (^_^)d
  94. pantes aja, semua pertanyaan saya sama tuh dengan si A..

    :D
  95. semoga blog gue juga rame yah *amiin
    di tunggu Lho kunjungan nya ~> http://dburu.blogspot.com/
  96. Makasih :) ini bermanfaat kok...
  97. hahahaha....ternyata begitu ya? pertanyaan saya juga sama dengan si A. hahaha
  98. bagus juga.tp ada yg kurang, hrsnya dijelasin langkah2 perubahanya.biar para newbie bs lbh paham.
  99. Bener banget Kang Ismet. memang dari obrolan mereka si A dan si B itu betul, namun ada sedikit yang kurang. Promo socmed itu juga penting, karena ternyata sampai saat ini banyak para blogger masih sering nangkring di Pesbuk atau tuiter..

    So itu yang dulu pernah aku lakukan apalagi saat perang SEO dengan salah satu temen blogger saya.

    Sekalian promo boleh donk Kang Ismet. Aku buat blog baru lagi nih kang Ismet.
    www.orangbaca.blogspot.com

    Thanks kang Ismet :)
  100. saran yang sangat bermanfaat, makasih kang :)
  101. minta totur vidionya dnk,,hehe
    kunjungi http://agnfira.blogspot.com/
  102. artikel menarik ni,

    kunjungi http://anjas-tkj.blogspot.com
  103. wah,,mantab bener nieee,,makasih ya gan,,n kunjungi balik yaaa
    rasanya saya harus hilangkan facebook komentar yaa

    http://netinfoku.blogspot.com
  104. artikelnya keren abis salam kenal Motor Car Gallop sukses buat agar mampir ke blog saya gan motorcargallop.web.id
  105. Mantaaaaap..!

    www.crystalxforcancer.blogspot.com
  106. banyak komentar tapi kalau komentarnya spam semua bagaimana kang? :D

    catatanteguh.blogspot.com
  107. wah ternyata banyak juga ya caranya, lumayan pusing kang ismet. minta sarannya donk bwt blog saya, hehe
  108. Sangat bagus sekali kak cerita tentang pemula blog yang mempunyai semangat yang kuat untuk ngeblog. Dapat menjadi pelajaran bagi para blogger pemula(ane juga pemula) untuk semangat ngembangin bloknya.. Trims kk artikelnya sungguh bermanfaat bagi ane..:D
    Kunjungi balik ya terus ditunngu komentarnya tentang blog ane.. Salam blogger indonesia :D
  109. kang ismet emang jago daahh buat postingan yg berbobot...
    masuk kang postingannya....thanks...
  110. Top Markotop Gan...
    Minta sarannya gan buat blog saya....

    dwi-iswanto.blogspot.com
  111. Wah ini ide bagus nih kang, bisa saya coba di blog saya

    http://vavaheirro.blogspot.com
  112. oke bnget niihh infonya,,makash bnyak kang..
  113. .: TQ pencerahannya kawan, mudah2an online store ane makin rame & laris maniz...^_^
  114. Oh jadi gitu ya,,, komentar duluuu ah..
  115. Setiap element memang seyogianya harus diperhatikan, baik dari segi template, loading blog, konten blog, feature blog dan sebagainya supaya pengunjung blog nyaman dan aman berkunjung di blog kita. Kalau sudah merasa aman dan nyaman, biasanya cenderung rampai pengunjung :D
  116. wkwkwkk mantap n top buat akang, memang blogwalking itu wajib buat pemula. thanks infonya nya
  117. Mantappp ...
    Jempol dah ...
    hehheeee
  118. mantap.. bahasa dan penulisan yang mudah dimengerti..
  119. oke gan

    kunjungi balik ke http://hendie23.blogspot.com/
  120. oo gitu gan, thanks gan... :D
  121. Mantap kang
    Nitip link kang
    www.pencarianfile.tk
    Adalah situs download lagu terlengkap.
    Situs download bokep indonesia dan luar negeri terlengkap.
    Silhkan di kunjungi.
    www.pencarianfile.tk
  122. setuju sama penjelasan yang terakhir. Gimana mau dikomentari sedangkan kita tidak pernah berkomentar

    THX for your info :D
  123. tah ieu nu dipilarian teh....haturnuhun kang
  124. thanks sob infonya
    http://medicrus.blogspot.com
  125. terima kasih kang,
    ijin pelajari.
  126. bener juga :O
  127. keren blog ge kang...
    suwon for sharing...

    kalo ada yang mau KPR syariah, hub aku ya...
  128. Blog Saya masih sepi gan, terima kasih atas tipsnyaizin coba di blog saya..
  129. makasih infonya ini yang aku cari mantab
    http://novandut.blogspot.com
  130. mantab jos gandos...
    blogtipsdantrik-seo-facebook.blogspot.com
  131. Komunitas One Day One Ayat
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  132. Cerita yg mas sajikan sangat berkenaan dengan blog saya. Tampilan uda di modif, conten original (kebetulan saya desain grafis), pengunjung uda maksimal, capta uda dihapus, berkomentar di blog orglain jg udah. tp kok msh sepi ya..
  133. Bagus gan sarannya, , akan saya coba hal di atas, termasuk ini, hee, kunjungi blog saya ea, , luthfihadirmc.blogspot.com
  134. mohon kritikannya kang atas blog saya, salam blogger
  135. trims gan infonya, blognya keren..
    ---ditunggu kunjungan baliknya---
  136. Mantap sarannya, saya juga pendatang baru semoga dengan adanya saran dari akang bermanfaat untuk saya
  137. Terimakasih kang infonya bermanfaat sekali...
    Kalo boleh saya minta saran kang ismet mengenai blog saya.
    http://tenlibrary.blogspot.com/
  138. mantap nihh ngshare nya , bermanfaat skali ..

    . mampir yaa ??hhehe
    http://one-rid-one.blogspot.com/
  139. saya jadi inget kang... dulu saya pernah sering saling sapa lewat komentar sesama blogger.... sekarang saya lihat blogger2 tersebut sudah menjadi blogger yang terkenal... pakar seo & money blogging semua... perubahannya sangat drastis... saya berkomentar diblog mereka sudah jarang dibales atau komen balik... padahal dulu suka berkunjung ke blog ngjakin saling tuker komen "You comment, I follow" katanya.... tapi kayanya udah terlalau bnyk jam terbang jadi g da waktu buat saling komen2an lagi.. :)
  140. Assalamu Alaikum....

    blog anda simple tapi manarik dan bahasa yang ada di dalam artikel anda muda untuk dipahami...terus berkreasi...

    jangan lupa kunnjungi alghuraba-mamuju.blogspot.com
  141. maaksih gan... sangat berguna nh buat saya..
  142. Iya,..benar sekali si Akang...

    blog saya sepi sekali komentarnya...

    ingin sekali ramai komentar ..
    sudah membuat posting yang bermanfaat,.juga blum juga dapat komentar,...

    tapi Saya tetap berusaha, agar bisa seperti kang ismet,..hehehe
  143. Oh gitu ya.. pantesan..
    hehe, makasih ilmunya kang..
    salam kenal
  144. loading lama juga di blog ku, thx infonya
  145. Trimakasih kang artikelnya,oh ya mau tanya,blog saya ko ga bisa Replay koment,kenapa ya...?
    lw bisa mohon di bantu kang,saya newbie banget..
  146. usefu blog..
    like this..
  147. sangat membantu kang terimakasih, blog ini memang memberi inspirasi......
  148. artikel yang membuat kita harus mawas diri sebagai blogger. saya sejak dulu memang paling malas dengan chapcha dan moderasi, karena itu untuk blog saya, saya buka, toh... google sudah tahu mana spam dan mana bukan. tinggal hapus saja. 3 spam sampai saat ini terdeteksi pada komentar saya, semuanya berbahasa inggeris. Salam blogger.
  149. whahakaka. mantabb ..^^lanjutkan!
  150. Terimakasih gan sarannya pasti akan saya praktekin supaya pengunjung blog saya jadi ramai.

    BTW meurut agan blog ane loadingnya cepat atau lambat yah gan, mohon di cek gan.
  151. Mantab Lanjutkan :D
    kalo sempat mampir ya ...
    http://freelinkshare2u.blogspot.com/
  152. wah saya tertarik banget ni kang sama tampilan komentar nya, mohon pencerahan nya yah, untuk bisa bikin yang seperti ini kebetulan saya lagi bkin blog baru, sementara ini masih pake subdomain dari google sih.
  153. Ketut Supeksa
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  154. terimakasih. sangat berguna
    mampir ya http://supeksa.blogspot.com
  155. wah manteb kang....
    mampir dlu http://mohammadzuhri.blogspot.com
  156. trmksh informasinya. klik
    http://herbalifesidoarjo11.blogspot.com/
    http://herbalifemojokerto11.blogspot.com/
    http://herbalifemurahsurabaya.blogspot.com/
    http://herbalifejogjakarta11.blogspot.com/
    http://herbalifeyogyakarta11.blogspot.com/
  157. makasi atas saranya gan...
  158. Sebuah tip trik yang ringan dengan menyuguhkan cerita tp sbenarnya itulh jawabannya.. blog saya juga sepi pengunjung dan komen, dptkh anda memberikan saran kepada saya, mari mampiri blog saya http://aksarafirdaus.blogspot.com/ thanks sobat
  159. Vsist my blog http://rhizkie4u.blogspot.com
    cara ini juga bisa memperramai blog hhehe
  160. pengen blog saya banyak komentar :(
    http://www.nandarious.blogspot.com/
  161. Wah tipsnya bagus banget, harus di coba nih.. Makasih kang..
    http://majidchan.blogspot.com
  162. Wah Wah..... si "A" pasrah banget pas ngomong sama si "B", hahaha sumpah ini artikel lucu tapi sangat bermanfaat.

    So, Thanks atas Infonya.

    Numpang kasih link ya, mohon maaf :D

    URL : http://www.masatip.com//


    Visittt !!!
  163. Makasih Trik nya bro, semoga maju nih blog :D
    buka juga
    http://bllyanos.blogspot.com/

    masih amatir :P
  164. makasih trik nya gan, semoga maju blognya

    kunjungan balik gan http://worldsmean.blogspot.com/ masih pemula
  165. menarik dan bermanfaat tips nya kang :)

    jngn lupa mampir ke blog saya ya kang dtnggu :)

    http://sepz-keren.blogspot.com
  166. Punten kang abdi mah gaptek..makasih infonya, mohon di bantu atuh kang buat sy kumaha kitu bade uplod foto buat propil lewat hp meuni susah pisan, sy ngeblog cuma lewat hp dari posting smpe blogwalking ya dihp, mohon atuh kan sebgai supir taxi masih perlu bimbingan, mampir atuh ke http://anggashr.blogspot.com
  167. Hahaha baru tau bang
    makasih ya info nya
    mampir yo
    http://catatanopgila.blogspot.com/
  168. kang saya mau tanya lebih baik meta description otomatis atau manual... soal nya ane gk tau tuh perbedaan otomatis sama manual ! CTRL + D dulu moga di bales :D
  169. mantap kang ilmunya...
    terimakasih kang :)
  170. Manteb artikelnya gan!!!
    Sangat membantu buat di jadikan referensi :D
  171. jadi komentar juga penting dalam dunia blogger?
  172. sangat bermanfaat sukses selalu gan
  173. assalamulaikum
    gan blog saya sepi tolong dong lihat apa kekuranganya?
    makasih :)
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.