Kunjungi Blog terbaru saya corkismet - Coretan Kang Ismet - dan tinggalkan jejak sobat disana.

Google EMD Update dan Antisipasinya

Solusi sederhana dan tepat untuk mengatasi Alogaritma Google EMD Update, yang akan menyingkirkan situs yang menggunakan domain sebagai target kata kunci.
Google EMDEMD (Exact DOmain Name) yaitu alogaritma google terbaru yang akan memfilter domain dengan target kata kunci, dari halaman pencarian Update dan Antisipasinya. Mungkin sebagian Anda sudah mengetahui bahwa google telah mengupdate alogaritma terbaru yang di sebut "EMD Update". Apa Google EMD Update itu? EMD sendiri merupakan kependekan dari Exact Match Domain. EMD Update merupakan alogaritma terbaru google yang berfokus pada SERPSearch Engine Results Page, yaitu Halaman hasil pencarian search engine dalam memberantas situs yang yang berkualitas rendah dan hanya membidik domain sebagai kata kunci.

Tidak dipungkiri, beberapa tahun ke belakang nama domain merupakan kunci SEO. Sehingga akibatnya bermunculan situs yang berkualitas rendah yang hanya mengejar kata kunci (keyword) dari domain itu sendiri. Sebagai contoh, seseorang yang menginginkan posisi teratas pada pencaria Google dengan kata kunci "Bisnis Online Tanpa Modal" maka ia akan membuat satu domain www. BisnisOnlineTanpaModal.com ataupun sejenisnya.

Kebanyakan situs seperti ini mempunyai konten yang tidak berkualitas, akan tetapi justru mereka berjaya di Search Engine karena mereka menembak kata kunci sebagai domain. Bahkan mereka berhasil memonitize situsnya dengan cukup memuaskan. Situs-situs seperti inilah situs yang kaya dengan keyword (kata kunci) dan sangat mencuri perhatian Search Engine, akan tetapi kontennya sangat tidak di sukai oleh pengunjung. Yang pada akhirnya web seperti inilah yang sering melakukan spam.

Dengan adanya EMD Update ini, google akan menghapus situs spam dari hasil percarian diantaranya dikarenakan menggunakan domain sebagai kata kunci. Dan akan memunculkan pencarian yang natural dengan kualitas konten dan disukai visitor, bukan hanya Search Engine.

Apa yang dimaksud dengan Update Alogaritma EMD Google itu?

Pada akun twitternya Matt Cutts (salah seorang staff Google) mengatakan,  "EMD Update ini mengurangi domain yang berkualitas rendah, yang menggunakan target domain sebagai kata kunci, dalam hasil pencarian".

Untuk rencana EMD ini sebetulnya sudah digulirkan mulai tahun lalu, namun pelaksanaannya dimulai bulan September 2012. Hal ini masih merupakan langkah awal, google belum sepenuhnya menyingkirkan situs yang menembak kata kunci sebagai domain secara keseluruhan, kemungkinan selanjutnya Anda yang sudah terjaring EMD upate, bisa keluar dari cengkramannya, atau bahkan Anda harus bersiap-siap web Anda akan terjaring EMD Update.

Domain saya menggunakan target kata kunci, apakah akan terjaring EMD Update?

Mungkin saja. Tapi belum tentu semua domain yang menembak kata kunci akan terjaring EMD Update ini.

Sangat jelas konsep EMD ini memfilter domain dengan kata kunci, akan tetapi pada akhirnya akan dipilih mana yang mempunyai konten berkualitas atau yang tidak berkualitas. Konten yang tidak berkualitas biasanya hanya mengejar page rank, tanpa mempedulikan kualitas konten webnya.

Bagaimana cara membedakan konten yang berkualitas atau tidak?

Seperti yang sudah dijlelaskan di atas, konten yang berkualitas adalah konten yang memuat kalimat sewajarnya, tata bahasa, pengejaan, kalimat yang benar dan sisukai oleh pengunjung maupun search engine.

Adapun konten yang tidak berkualitas, hanya pengulangan kata kunci, iklan di mana-mana, kalimat yang tidak jelas, dan sebagainya. Intinya, isi webnya hanya untuk mengejar page-rank atau menjadi no.1 di Search Engine. Pernahkah menemukan web seperti itu? Jawabannya PASTI... memang web seperti itu sangat bertebaran dan menjemukan.

Apa yang harus dilakukan dalam mengantisipasi Alogaritma EMD?

Bagi Anda yang menggunakan domain sebagai kata kunci, sudah terperangkap ataupun belum dengan Alogaritma EMD ini, hendaklah memperhatikan poin-poin di bawah ini.
01Kualitas Konten
Seringkali kita mendengar "Content is King", artinya kualitas konten merupakan hal yang paling utama dalam optimasi SEO. Dengan konten berkualitas, maka akan menjaring visitor ke web Anda. Mulai sekarang, Jujurlah.... ya... jujurlah pada diri anda, apakah konten yang dibuat hanya mengejar posisi SERP? atau berbagi dengan visitor?
02Cek Inbound Link
Inbound Link merupakan backlink, atau link yang mengarah ke blog kita. Tidak semua inbound link bagus, perhatikan apakah ada blog spammer yang mengarah ke blog Anda? sebisa mungkin hilangkan link tersebut, karena akan merusak kepercayaan google terhadap blog kita.
03Social Button Share
Tambahkan tombol share ke berbagai jejaring sosial, dengan banyaknya share artikel ke berbagai jejaring sosial, maka akan menambah visitor dan menambah kepercayaan google.
04Update Konten
Usahakan Anda mengupdate konten, jangan terlalu lama dan jangan juga terlalu sering. Sebisa mungkin, kalau Anda sempat, update blog Anda 1 hari 1 artikel saja, dengan kualitas yang fresh dan bukan hasil copy paste.
05Link Buliding
Link Buliding yaitu upaya membangun inbound link, tapi sekali lagi lakukan dengan cara yang wajar seperti aktif di forum, menjadi guest post, dan banyak hal lain yang bisa Anda lakukan. Dengan inbound link yang berkualitas, maka Anda akan mempunyai kredibilitas di mata search engine maupun visitor.

Walaupun anda sudah terlanjur memiliki domain dengan target kata kunci, lakukanlah hal-hal di atas, untuk terlepas dari incaran EMD Update ini. EMD merupakan pendamping Panda dan Penguin, dimana Panda memprioritaskan pada situs yang berkualitas rendah dan EMD kepada domain dengan target kata kunci.
Semoga bermanfaat....

Sumber: SearchEngineJournal.com

Untuk mendapatkan update terbaru di Dasbor Blogger, silahkan ikuti Blog ini

36 komentar

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
  1. Artikelnya Mencerahkan Sekali, Senang Saya Bacanya jadi bisa tahu Rahasia EMD.

    Oh iya, Kalau ada Update Algoritma Google yg baru beritahu ya mas "-"
    1. Insya Allah sob... nanti saya update lagi, semoga bermanfaat
  2. Assalamuaikum, kang.
    Akhirnya postingan terbaru akang muncul lagi. Kangen sama postingan bagus akang nih :D
    Btw, saya mau minta bantuan akang untuk jasanya merapikan template yang saya buat buat bisa nggak kang? Biar bisa dipasang sticky widget dan tampil sempurna di semua browser. Kemana kira2 saya bisa hubungi akang? Atau akang bisa bales ke [email protected]

    Makasih sebelumnya ya kang dan sukses selalu.
    1. Wa'alaikim salam.... Ternyata bahasan kita sama ya sob.. bisa aja sob, tapi g janji tepat waktu. kadang2 banyak kesibukan diluaran. kalau mau contact ke kangismet[at]gmail.com
  3. infonya bermanfaat sekali, jadi nambah pengetahuan...
    google selalu membuat sebuah gebrakan ya...
    1. Bagi saya setuju banget sob, untuk penghapusan domain ga bermutu :)
  4. Terima kasih berbagi ilmunya kang ismet..jadi semakin memahami akan google EMD ini
    1. Sama2 sob... semoga bermanfaat..
  5. nambah wawasan lagi nih ternyata ada yang namanya EMD kang, kalo bahas ttg ngejar keyword pake nama domain, sekarang yang paling tren adalah nyepamnya si tukang obat obatan kang, mereka sudah dimana mana, pake domain dgn kata kunci
    1. hahah... iklannya manjangin pensil ya :) yang kaya gitu yang jadi incaran EMD Update itu sob...
  6. wah ngeri juga ya google EMD,,moga blog baru saya tidak kena updatenya,,hehe
  7. info bermanfaat nii sob..
    makasih yo :D
  8. wah infonya bagus ne, terimakasih
  9. Setuju bagi ane konten emang hal yang penting bagi blog kita, tujuan kita nuliskan ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan, untuk apa mempunyai visitor banyak namun, konten kita hanya membuat orang jadi jengkel, misalnya iklan yang banyak dan berat ditambah lagi like fb yang selalu ngejar nggak dapat diclose, sedikit tambahan emang setiap orang butuh penghasilan dari blog yang ditulis tapi jangan terlalu memaksa.
    1. Betul sob... kalo ane udah berkunjung ke situs kayak gitu, g bakalan untuk kedua kalinya :)
  10. semoga web saya bukan salah satunya yang terjaring
    terima kasih atas infonya Pak ..
  11. Berarti yang di maksud domain berkata kunci adalah nama domain yang sekaligus kata kunci untuk suatu situs kang?
    Terimakasih.
    1. Iya sob... biasanya miskin konten, cuman ngejar kata kunci aja
  12. INspiratif banged KAng ... banyak pengetahuan didapat disini
    1. terimakasih sob... semoga bermanfaat
  13. mantab kansimet, bisa menjelaskan Update EMD dengan jelaS
  14. Mantap mas jadi tahu ap itu EMD
  15. btw blog indonesia yang dah terjaring dan dah di hapus ada ga? oh iya, mengenai google dino, google dino tuh baru atau dah lama, kayak google panda itu? makasih artikelnya..sangat membantu sy yg newbie ini!
  16. EMD apanya google panda?
    1. Emd dan panda adalah adik kakak gan
    2. pendamping hidup sob... :)
  17. apakah EMD ini sudah di terapkan kah?
    1. sudah sob... banyak situs yang sudah terjaring ko...
  18. Wah pembahasannya menarik kang...
    1. terimakasih sob...
  19. Awalnya pengen bikin domain sebagai kata kunci...
    Kayaknya mengurungkan niat dl dah...menunggu badai berlalu..:D
    terima kasih infonya sangat bermanfaat kang...
  20. Sy senang dgn adanya update EMD ini biar ga sembarang orang bisa di page1, oia kang sekalian sy mau nanya disini ko ga ada bahas soal bagaimana cara bangun backlink ya

    Tolong bahas tuntas soal ini ya

    Kalo bisa soal segala hal, karena sy tidak percaya dgn ocehan dari blog abal2 sy hanya percaya dari kang ismet aja makanya web sy seratour sy bangun dari panduan kang ismet dan hasilnya lumayan kang paket wisata bandung yg sy jual laris manis walaupun masih lom sesuai target tp dah lumayan dibanding seblmnya
  21. Untuk google EMD baru kemarin-kemarin saya merasakannya memang benar soba terapiksaya langsung anjlok turun dengan satu hari sajah. tadinya saya bingung ko bisa setelah saya cari tau memang pengaruh dari algoritma google EMD ini, makanya saya langsung memperbaiki konten yang kurang berkualitas di blog saya.

    wah terimakasi kang untuk artikelnya saya harus banyak belajar untuk mengoptimalkan SEO gara lebih profesional.
  22. Duh domain trikblogger.net ku gimana ni
  23. /mantab gan
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.