Kunjungi Blog terbaru saya corkismet - Coretan Kang Ismet - dan tinggalkan jejak sobat disana.

Seberapa pentingkah Alexa dan Pagerank?

Ada satu pertanyaan yang menggelitik dalam hati, seberapa pentingkah alexa dan pagerank?
Pertanyaan ini muncul ketika mencari solusi dari sebuah masalah yang dihadapi, sebut saja virus, flashdisk yang ke protect dan lain-lain.

Ketika mengetik kata kunci di mbah google, muncul beberapa weblog yang memuat kata kunci tersebut. Tapi sayang ketika masuk, yang ditemukan hanyalah artikel (maaf) sampah yang ga berbobot. Hanya kata kunci yang diulang-ulang. Tidak ada solusi yang ditemukan.

Anggapan saya mereka hanya mengejar alexa dan pagerank, tanpa memperdulikan kualitas blog. Mungkin tujuan mereka membuat blog adalah untuk monitize, terpampang di blog mereka bebrapa adsense, baik lokal atupun luar, termasuk memasang Google Adsense yang jelas-jelas tidak boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia.

Apakah dengan cara itu mendapatkan alexa dan pagerank tinggi? saya rasa tidak. Banyak yang sukses dengan adsense, paid to click atau paid to review, justru dengan blog yang berkualitas, yang konsisten dengan konten blog mereka.

Bahkan diluaran sana ada yang disebut dengan BuySellAds, situs jual beli iklan banner. Situs yang konsisten dengan isi blog mereka lah yang berhasil dalam jual beli ini, sebut saja www.psd.tutsplus.com, www.yoast.com dll. Mereka mampu meraup ribuan dollar perbulan. Kunci yang diraih adalah konten web blog tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung, sehingga pengunjung akan kembali pada saat yang lain bahkan membookmark situs tersebut.

Di dalam negeri sendiri banyak sekali blogger senior yang sudah menapakan kaki di dunia blogger, sebut saja Enda Nasution, Budi Putera, Fatih Syuhud, Kang Rohman, Agus Ramdhani,  dll. Yang pasti, keberhasilan merka bukan karena hal-hal diatas (obral kata kunci) dengan tujuan pagerank dan alexa saja, tapi konsistensi mereka dalam blogging.

Bagi saya pribadi ketika mendapatkan blog yang isinya cuma sampah, otomatis otak saya mencatat dan memblacklist situs tersebut, dan tidak pernah kembali untuk ke 2 kalinya. Bagaimana dengan anda sob?
Pertanyaan yang lain juga muncul, apa sebenarnya tujuan kita membuat blog?

Untuk mendapatkan update terbaru di Dasbor Blogger, silahkan ikuti Blog ini

11 komentar

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
  1. Betul sekali kang ismet, saya sering menemukan blog seperti itu, ketika di klik muter2 aja di situ gak ada isinya sama sekali.... jadi dongkol akhirnya.
    mendingan blog saya aja walau masih jauh dari cukup,tapi kan ada isinya....
  2. benar, hanya dengan konten yang konsisten dan berkualitas yang bisa tetap eksis di dunia maya ini....
  3. saya setuju kang,saya juga sedang berusaha untuk konsisten.tetapi erkadang buntu untuk membuat postingan.jadi untuk itu saya isi dengan informasi lain.
  4. setuju kang!!!
    saya punya widget alexa diblog saya yang sebulan terakhir ranknya berubah dari 27 juta ke 8 juta !??? ga tau gimana cara kerjanya alexa bisa turun drastis dengan cepat...
    blog saya :
    1. berbahasa indonesia
    2. jumlah postingan 27 biji (dikit kan? )
    3. pengunjung tiap hari 50
    4. pageviewnya cuman 130an/hari (belum cukup buat ikutan ppc lokal | 333 pageview/hari )

    saya tidak terlalu menghiraukan alexa rank-nya
    alexa pagerank hanya saya jadikan penyemangat supaya terus membuat postingan yang bermanfaat buat pengunjung blog saya :D

    makasih buat infonya kang :)
    sekalian blogwalking :D
    1. betul sob, hanya penyemangat saja.. intinya Content is KIng :)
  5. betul sekali, banyak situs yang seperti itu.
    yang membuat kita enggan tuk berkunjung kemabali, karena dalam situs itu masih search kembali
    itu pun kalau ada
  6. Mantabs mas artikelnya. Biar semuanya pada mikir. Soalnya saya sering sekali menemukan blog2 yang seperti itu ketika saya lagi membutuhkan solusi. Thanks yah mas.
  7. Untuk alasan yang sama (malas nyari info soal blog di google "lagi"), saya selalu mencari solusi di blog ini.
    Thankyu banget Kang... blog ini selalu banyak membantu :)
  8. betul juga itu kang..
    sebenarnya tujuan awal saya membuat blog adalah untuk membagikan kelebihan saya pada bidang komputer, tapi entah kenapa saya sekarang malah mengejar hal lain yang disebutkan diatas tadi.
    nice post :D

    kunjungi juga http://lzmodern.blogspot.com
  9. Sama kang, males kalo isinya sampah, tetapi terkadang saya balik lagi kesitu tanpa sengaja :-)
  10. Ajibbb......bener itu kang...?? Kadang pertanyaan itu selalu saya ingat ketika saya mau buat konten.yah...meskipun saya masi belajar.
    Yang penting buat saya konten itu bermanfaat untuk pembaca.
    Maslah alexa atau pagerank nanti juga akan menyusul.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.